Bagaimana memilih mesin thermoforming ?

Bagaimana memilih mesin thermoforming ?

sumber: http://mochacinojasir.wordpress.com/

Animation of the thermoforming process.
Proses Thermoforming
Mengenai pertanyaan diatas  saran saya cuma satu, “Yang pinter cari duwit”. Maksud pinter cari duwit ini kalau dijabarkan cukup luas….hanya orang yg mengerti tehnik,ngerti bisnis dan ngerti itungan saja yg mampu mengevaluasi bagaimana mesin thermoforming yg pinter cari duwit.
Dengan sudah banyaknya merk mesin thermoforming yg ada di Indonesia cukup mudah mengadakan survey. Anda tinggal cari tahu, menanyakan pada berbagai kalangan yg banyak terlibat di proses thermoforming. Tanyalah pada para operator,forman, kepala tehnik , bagian investasi, sales atau siapa saja yg terlibat di proses produksi PP cup. Jangan terpancang pada satu “brand” tanyalah pada orang yg pernah menangani mesin dengan berbagai “brand”.
Mesin yg bisa mencari duit bukan mesin yg paling murah atau mesin yg paling mahal, menurut saya mesin yg  produktifitasnya paling tinggi,mesin yg paling stabil dalam kurun waktu yg lama dan mesin yg partnya bisa tahan jangka panjang yg bisa diajak mencari duwit. karena dengan down time yg minim maka akan diperoleh produktifitas yg tinggi….tetapi skill orang dibelakangnya juga cukup penting….karena apalah artinya mesin yg kuat dan bagus kalau yg  menangani orang yg tidak paham memaintenance dengan benar.
Investasi tidak bisa dilakukan dengan mencoba berbagai “brand” mesin …karena kalau ini dilakukan maka target untuk mencari mesin yg produktifitasnya paling bagus tidak akan tercapai. Kalau lah anda berduit banyak apakah anda rela investasi menjadi sia2 karena target awal tidak tercapai????
Sekali lagi, sebelum menentukan “brand” yg tepat cari tahulah  pada banyak pihak yg cukup kompeten dibidang ini. jangan mudah percaya pada sales karena yg tahu banyak tentang mesin produksi adalah para customer yg memakai langsung produk tersebut.
Satu hal yg  juga sangat penting…apalah artinya mesin bagus kalau after sales service kurang mendukung ? Team after sales service yg kuat dari supplier akan menjamin kecepatan penangan mesin2 anda kalau ada trouble.

0 komentar: