Thermoforming & Extrusion Inline

Thermoforming & Extrusion Inline

Proses thermoforming secara inline tidaklah sulit….yg diperlukan adalah menghitung kapasitas kedua mesin yg berlainan jenis agar kapasitas satu sama lain seimbang……kedua mesin tersebut juga bisa saling mengimbangi kehandalan yg lain. Kalau tidak maka akan terjadi masalah berkepanjangan yg sangat merugikan.
Keuntungan proses secara inline adalah : Hanya diperlukan satu tenaga skill (Operator) dibantu satu tenaga penyedia bahan PP dan satu tenaga untuk produk jadi……beberapa tenaga packer …Dari sisi mesin sangat mengurangi tenaga listrik ,karena memangkas unit : “pre heating” disisi mesin thermoforming dan menghilangkan “unit rewinder” (penggulung sheet disisi extrusion)….satu lagi kwalitas sheet saat itu juga bisa diperbaiki apabila ditemukan hasil cup jelek.
Beberapa praktisi termoforming selalu memikirkan ,kalau salah satu mesin (extrusion atau thermoforming) mengalami kerusakan maka produktifitas kedua mesin langsung drop itu sisi buruknya. Tapi kalau kita kalkulasi untung dan ruginya system off line dibanding in line secara keseluruhannya maka akan diperoleh banyak keuntungan menggunakan system inline….asal yg digunakan mesin yg benar2 handal.
Sudah terbukti, customer yg merasakan keuntungan system inline dari segi effesiensi tenaga, ruangan dan penggunaan tenaga listrik  pada akhirnya merubah mesin mereka yg memakai metode lama (off line) akhirnya…. extrusion dan thermoformingnya digabungkan menjadi unit yg in line.

2 komentar:

  1. Bagaimana cara menghitungnya pak..
    Mulai dari roll sheet langsung pemakaian bahan extru...?

    BalasHapus
  2. Bisa minta tolong perhitungannya dengan excel, komposisi material, %, sekaligus rejectnya...???

    BalasHapus